Kurikulum

I.PENDAHULUAN

 A.     Rasional

Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi kelulusan, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Standar isi dan dan standar kompetemsi kelulusan merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

Daerah dan atau sekolah memiliki cukukp kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar.

 B.     Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

  1. Visi : Unggul dalam prestasi, berwawasan IPTEK, berlandaskan IMTAK, dan berjiwa seni.

Indikator:

  1. Kualitas lulusan meningkat.
  2. Lulusan melanjukan ke jenjang beikutnya.
  3. Mengenal dan memanfaatkan TIK.
  4. Berprestasi di bidang akademik dan non akademik.
  5. Berakhlak mulia

 Misi :

  1. Menumbuhkembangkan daya pikir, dzikir, dan kreatifitas.
  2. Memotivasi dalam kompetisi untuk meraih prestasi.
  3. Memberikan dasar – dasar ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Menanamkan nilai – nilai seni Islami dan berakhlak mulia.

Tujuan Madrasah :

  1. Tercapainya lulusan 100%.
  2. Berprestasi bidang akademik dan non akademik tingkat nasional.
  3. Siswa yang studi lanjut 100%.
  4. Siswa dapat menyerap dan mempraktikan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Siswa dapat menciptakan alat atau teknologi sederhana.
  6. Menanamkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  7. Membiasakan diri untuk beribadah wajib dan sunah.
  8. Memberikan dasar ilmu beladiri Islam.
  9. Siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan benar.
  10. Siswa hafal 1 juz dari Al-Qur’an.
  11. Memberikan bekal seni dan jiwa enterpreneurship.
  12. Menanamkan kejujuran, disiplin, tanggung jawab, sopan santun, dan kebersamaan.

B.    Pengertian

 

1.      Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta  cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

2.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan dimasing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan, dan silabus.

3.      Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan atau kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

4.      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

II. STRUKTUR dan MUATAN KURIKULUM

 A.    Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok yaitu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan dan kepribadian, ilmu pengetahuan dan teknologi, estetika, olahraga dan kesehatan.

Struktur kurikulum MI Sultan Agung meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai Kelas I sampai dengan Kelas VI.

Struktur kurikulum MI Sultan Agung disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Kurikulum MI Sultan Agung memuat 9 mata pelajaran, muatan lokal, pengembangan diri dan pembiasaan
  2. Pembelajaran Kelas I – III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan Kelas       IV – VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran
  3. Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit
  4. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran adalah 36 minggu

 STRUKTUR KURIKULUM 2012

NO KOMPONEN KELAS
I II III IV V VI

A

Mata Pelajaran TEMATIK

1

Pendidikan Agama
a. Al Quran Hadits 2 2 2
b. Aqidah Akhlak 2 2 2
c. Fiqih 2 2 2
d. Sejarah Kebudayaan Islam 2 2 2

2

Pendidikan Kewarganegaraan 4 4 4

3

Bahasa Indonesia 6 6 6

4

Bahasa Arab 2 2 2

5

Matematika 6 6 6

6

Ilmu Pengetahuan Alam

6 6 6

7

Ilmu Pengetahuan Sosial

4 4 4

8

Seni Budaya dan Keterampilan 4 4 4

9

Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 4 4 4

B

Mulok :
a.  Bahasa Jawa 2 2 2
b.  Bahasa Inggris 2 2 2
c.  Kaligrafi 2

C  Pengembangan Diri

Ekstra Kurikuler

 

  1. Musik Rebana
  2. Tari
  3. Futsal/sepakbola mini

Depok, 25 September 2012

Kepala Madrasah

Ali Sofha , S.Ag.

NIP.197105252001121001

B. Muatan Kurikulum

Muatan kurikulum meliputi 8 mata pelajaran, 2 muatan lokal, dan pengembangan diri.

  1. 1.      Mata Pelajaran

Mata pelajaran di MI Sultan Agung terdiri dari 9 mata pelajaran yaitu :

  1. Pendidikan Agama (Aqidah Akhlaq,Qur’an Hadis,Fiqih,SKI)
  2. Pendidikan kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Arab
  5. Matematika
  6. Ilmu Pengetahuan Alam
  7. Ilmu Pengetahuan Sosial
  8. Seni Budaya dan Keterampilan
  9. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
  1. 2.      Muatan Lokal

Muatan Lokal di MI Sultan Agung terdiri atas :

  1. Bahasa Jawa
  2. Bahasa Inggris
  3. Kaligrafi
  1. 3.      Pengembangan diri

Setiap anak memiliki kemampuan dan bakat masing-masing. Agar bakat dan kemampuan itu tercover dengan baik, dan siswa mampu mengembangkan diri secara maksimal, maka perlu adanya penyaluran. Untuk itu MI Sultan Agung mengadakan beberapa kegiatan ekstrakurikuler, antara lain :

  1. Baca Tulis Al Quran (BTAQ Metode Qiraati)

Tujuan    :  – Memberikan pondasi pada siswa dalam kehidupan

–    Siswa mampu dan lancar membaca dan menulis ayat suci Al Quran

–    Siswa mampu dan lancar menghafal surat-surat pendek

Waktu    : setiap hari jam terakhir (Senin s/d Jum’at)

  1. Silat

Tujuan    :  – Melatih keberanian dan mental siswa

–    Siswa mencintai seni beladiri islami

–    Memberi kesempatan siswa untuk mengembangkan potensi diri dan berprestasi dalam bidang beladiri

Waktu       : hari Jum’at

  1. Kaligrafi

Tujuan    :  – Mengenalkan kaligrafi Arab kepada siswa

–    Menumbuhkan rasa cinta terhadap khasanah kesenian islam

–    Mengkomodir kebutuhan siswa dalam hal kreativitas seni

–    Meningkatkan prestasi siswa dalam bidang seni kaligrafi

–    Mewarnai lingkungan sekolah dengan keindahan seni kaligrafi

Waktu       : hari mengacu jadwal madrasah

  1. Pramuka

Tujuan    :  – Melatih kemandirian

–    Melatih keterampilan

–    Memupuk rasa tanggungjawab

–    Menggalang kerjasama

Waktu       : hari Sabtu

  1. Tari

Tujuan    :  – Mengenalkan seni budaya

–    Siswa mencintai seni budaya

–    Mewarisi seni budaya

–    Berbudi pekerti luhur

–    Memupuk rasa kerjasama

Waktu       : hari Kamis

  1. Lukis

Tujuan    :  – Mengenalkan pada siswa untuk mengetahui cara melukis

–    Mengajak anak mengekspresikan perasaan melalui goresan terarah

–    Mengenalkan anak pada bentuk, warna, komposisi, dan kreativitas melalui lukisan

–    Membina bakat siswa utnuk meraih prestasi

Waktu       : hari Sabtu

  1. Komputer/TIK

Tujuan    :  – Mengenal alat tehnologi informasi

–    Mengenal dan dapat mengoperasikan komputer

–    Mengenal berbagai program yang ada di komputer

Waktu       :  Hari mengacu jawdal madrasah (Senin sampai Kamis)

  1. Qiraah

Tujuan    :  – Mengajak anak mencintai Al Quran

–    Mengenalkan macam-macam cara membaca Al Quran

–    Melatih keberanian dan rasa percaya diri

–    Membina bakat dan prestasi

Waktu       : hari Kamis

  1. Futsal /sepakbola mini

Tujuan    :  – Melatih keberanian dan mental siswa

–    Siswa mencintai olah raga sepakbola

– Memberi kesempatan siswa untuk mengembangkan potensi diri dan berprestasi dalam bidan sepakbola

Pembiasaan diri

  1. Shalat Dhuha
  2. Shalat Jama’ah Dhuhur
  3. Tadarus/hafalan Juz ’Amma dan Yasin
  1. 4.      Pengaturan Beban Belajar

Pengaturan Beban Belajar di MI Sultan Agung sebagai berikut :

BEBAN BELAJAR MI SULTAN AGUNG

SATUAN PENDIDIKAN

KELAS

SATU JAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA (Menit)

JML. JAM PEMBELAJARAN PER MINGGU

MINGGU EFEKTIF PERTAHUN PELAJARAN

SD

I – III

35

KELAS :

I   : 37

II  : 37

36

IV – VI

35

56

36

  1. Ketuntasan Belajar

Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 65 – 100%

5 Ketuntasan Belajar
Mata Pelajran Kelas dan KKM

I

II

III IV V VI Rata-rata
1. Pendidikan Agama
  1. Al-Qur’an Hadist

75

71 72 71 71 71

72

  1. Aqidah Akhlaq
75 76 75 75 75 75

75

  1. Fiqih
75 75 75 75 75 75

75

  1. SKI
73 74 73 72

73

2 Pendidikan Kewarganegaraan 75 76 75 74 75 75

75

3 Bahasa Indonesia 70 70 70 70 70 70

70

4 Bahasa Arab 65 65 67 66 65 65

66

5 Matematika 70 70 65 65 65 65

66

6 Ilmu Pengetahuan Alam 70 73 72 71 70 70

71

7 Ilmu Pengetahuan Sosial 65 70 71 70 65 65

67

8 Seni Budaya dan Ketrampilan 75 75 75 75 75 75

75

9 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 75 75 75 75 75 75

75

10 Muatan Lokal

C.Mata Pelajaran

  1. Pendidikan Agama

a.Aqidah akhlaq

b.Qur’an Hadis

c.Fiqih

d.Sejarah Kebudayaan Islam

  1. Pendidikan Kewarganegaraan
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Arab
  4. Matematika
  5. Ilmu Pengetahuan Alam
  6. Ilmu Pengetahuan Sosial
  7. Seni Budaya dan Keterampilan
  8. Pendidikan Jasmani, olahraga dan Kesehatan

Muatan Lokal

  1. Bahasa Jawa
  2. Bahasa Inggris
  3. Kaligrafi

Pengembangan Diri

  1. Kegiatan Ekstrakurikuler
    1. TIK
    2. Futsal
    3. Musik Rebana

Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh masing-masing direktorat teknis terkait.

  1. Kriteria kenaikan kelas
  2. Jika telah mencapai KKM semua indikator
  3. Nilai kurang atau belum mencapai KKM minimal empat untuk kelas I s/d III dan 1 untuk kelas IV s/d VI
  4. Nilai rapor diambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas/PR, nilai tes tengah semseter, dan nilai tes akhir semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran yang sesuai dengan standar ketuntasan belajar di MI Sultan Agung
  5. Memiliki rapor dikelasnya masing-masing
  6. Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran.
  7. Penentuan kenaikan kelas
  8. Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan Guru dengan mempertimbangkan nilai KKM , sikap/penilaian/budi pekerti dan kehadiran siswa yang bersangkutan di sekolah.
  9. Siswa yang naik kelas, pada rapornya dituliskan naik ke kelas ….
  10. Siswa yang tidak naik kelas harus mengulang dikelasnya
  1. Kelulusan

Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 pasal 72 ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah :

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran di madrasah dan selesai pada akhir tahun pelajaran
    1. Memiliki nilai rapor semester I dan II pada tiap kelas pada kelas IV sampai dengan VI.
    2. Memperoleh nilai di atas nilai SKL yang diajukan ke Diknas. Mapel IPA 3,5 Bahasa Indonesia 3,5 matematika 2,5.
    3. Lulus Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah   Berstandar Nasional (UAMBN)untuk kelompok mata pelajaran IPA , Bahasa Indonesia ,Matematika dan AA , QH , Fiqh , SKI dan Bahasa Arab.
    4. Siswa yang dinyatakan lulus ditentukan dalam rapat dewan guru yang dipimpin kepala madrasah yang membahas khusus tentang kelulusan siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Agung.
  1. Penentuan Kelulusan
    1. Kriteria Kelulusan

Hasil ujian dituangkan dalam blanko daftar nilai ujian , hasil ujian dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan digabung dengan nilai  rata-rata rapor sejak penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok agama, kewarganegaraan, dan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kelas IV kriteria sebagai berikut :

  1. Memiliki rapor kelas VI
  2. Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan minimal nilai masing-masing mata pelajaran 6,00.
  3. Penentuan siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai rapor kelas IV-VI, nilai ujian sekolah, ujian pratek ,sikap/perilaku/budi pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi kriteria kelulusan
  4. Siswa yang dinyatakan lulus diberi ijazah, dan rapor sampai dengan semester 2 kelas VI Madrasah Ibtidaiyah.
  5. Siswa yang tidak lulus tidak memperoleh ijazah dan mengulang di kelas terakhir.

III. KALENDER  AKADEMIK

 Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF

KALENDER AKADEMIK  MI SULTAN AGUNG

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

SEMESTER I

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

Jumlah

Senin

2

2

4

4

4

3

19

Selasa

2

2

4

5

4

3

20

Rabu

1

2

4

5

4

3

19

Kamis

1

2

4

4

4

3

18

Jum’at

1

2

4

3

5

3

18

Sabtu

1

0

5

3

4

3

16

Jumlah

8

10

25

24

25

18

106

SEMESTER II

 

Januari

Februari

Maret

April

Mei

Juni

Jumlah

Senin

4

4

4

4

2

4

24

Selasa

3

4

3

4

3

3

22

Rabu

4

4

4

3

3

4

25

Kamis

3

4

4

3

3

3

20

Jum’at

3

4

4

3

3

4

23

Sabtu

3

4

5

2

3

3

22

Jumlah

20

24

24

19

17

21

   125

ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF

KALENDER PENDIDIKAN MI SULTAN AGUNG

TAHUN PELAJARAN 2012/2013

KBM GURU

SEMESTER I

 

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

Jumlah

Senin

2

1

3

4

3

13

Selasa

2

1

3

5

2

13

Rabu

1

1

3

5

3

13

Kamis

1

1

3

4

3

12

Jum’at

1

1

3

3

4

12

Sabtu

1

0

4

3

3

11

Jumlah

8

      5

19

24

18

0

74

SEMESTER II

 

Januari

Februari

Maret

April

Mei

Juni

Jumlah

Senin

4

3

2

1

1

2

13

Selasa

2

2

2

2

2

2

12

Rabu

3

3

3

1

2

2

14

Kamis

3

3

3

0

2

0

11

Jum’at

3

3

3

0

1

1

11

Sabtu

2

3

3

0

1

0

9

Jumlah

17

17

16

4

9

7

70

 

 

 

 

PENUTUP

Dengan telah selesainya penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini , maka MI Sultan Agung telah memiliki acuan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran 2012/2013.Dengan demikian mulai tahun 2012/2013 ini , MI Sultan Agung secara serempak akan melaksankan KTSP untuk semua kelas.

Harapan kami , Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang telah kami susun ini teleh memenuhi syarat sehingga seluruh kegiatan yang kami rencanakan dapat berjalan dengan lancar.Kami juga sangat memgharapkan dukungan dari semua pihak, khususnya para guru , karyawan , peserta didik dan wali murid agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal.Semoga  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini dapat menjadi sarana bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas peserta didik secara lahiriyah maupun batiniyah.

 

Babadan Baru , 25 September 2012

Menyetujui                                                                  Kepala Madrasah

Komite Sekolah                                                          Sultan Agung

Drs.Ahmad Hanany Naseh,MA                                             Ali Sofha, S.Ag.

NIP.197105252001121001

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s